Profil Neymar JR Barcelona, Pemain Ikonik Brazil

Profil Neymar JR Barcelona, Pemain Ikonik Brazil

Profil Neymar JR Barcelona, Pemain Ikonik Brazil – Neymar da Silva Santos Júnior, umumnya dikenal sebagai Neymar atau Neymar Jr, adalah pemain sepak bola profesional Brasil yang bermain untuk klub Prancis Paris Saint-Germain. Dia bermain sebagai penyerang atau winger.

Pada usia 19, Neymar memenangkan gelar Pemain Terbaik Amerika Selatan Tahun 2011 dan selesai ketiga pada tahun 2010. Dia dinominasikan lagi dan menang lagi pada tahun 2012. Pada tahun 2011, Neymar dinominasikan untuk FIFA Ballon d’Or dan FIFA Puskás Goal of the Year Award yang ia menangkan.

Ia dikenal karena akselerasi, dribbling, finishing, dan kemampuannya dengan kedua kakinya. Gaya permainannya telah dipuji oleh para kritikus, dengan penggemar, media dan mantan pemain menggambarkan dan membandingkan mantan striker Brasil Pelé, yang menyebut Neymar “pemain yang sangat bagus”, sementara Ronaldinho menyatakan “dia akan menjadi yang terbaik di dunia.” Baca juga profil thierry hendry disini.

 

Kehidupan Awal

Neymar da Silva Santos, Júnior lahir di Mogi das Cruzes, São Paulo dari orang tua Neymar da Silva dan Nadine Santos. Dia mewarisi namanya dari ayahnya, mantan pemain sepak bola yang menjadi mentor putranya saat bakat Neymar mulai berkembang. Neymar berkomentar tentang peran ayahnya “Ayah saya telah bersama saya sejak kecil. Dia mengurus hal-hal, keuangan saya dan keluarga saya. Tumbuh, Neymar menggabungkan kecintaannya pada futsal dengan sepak bola jalanan.

Pada tahun 1992, Neymar pindah bersama keluarganya ke São Vicente, di mana ia mulai bermain untuk tim yunior Portuguesa Santista. Mereka kemudian pindah ke Santos pada tahun 2003, Neymar bergabung di mana Santos FC berada. Berkat keberhasilan liga pemuda dan penghasilan tambahan, keluarga tersebut membeli properti pertama mereka, sebuah rumah di Vila Belmiro di sebelahnya. Kualitas kehidupan keluarga meningkat, pada usia 15 tahun, Neymar memperoleh 10.000 reais per bulan dan 16.25.000 reais per bulan. Pada usia 17, ia menandatangani kontrak profesional penuh, naik ke tim utama Santos dan bahkan menerima sponsor.

 

Perjalanan karir

 

Santos

Neymar mulai bermain sepak bola pada usia dini dan Santos FC segera menemukannya, menawarkan dia kontrak pada tahun 2003 yang melihat dia dipilih untuk akademi muda mereka, yang sebelumnya menghasilkan pemain internasional Brasil seperti Coutinho, Diego, Elano dan Alex. Dia memulai karirnya di Peixe (julukan klub sepak bola) bersama Pepe, Pelé dan Robinho.

Saat berada di akademi, Neymar bertemu dengan Paulo Henrique Ganso, yang sekaligus menjadi teman baik. Dia memiliki satu saudara perempuan yang tidak bermain sepak bola. Pada usia 15, ia mencoba di Spanyol untuk bergabung dengan Real Madrid ketika Real memiliki bintang seperti Ronaldo, Zinedine Zidane dan Robinho.

Neymar melakukan debut profesionalnya pada 7 Maret 2009, meskipun dia baru berusia 17 tahun, dia bermain di 30 menit terakhir pertandingan. Minggu berikutnya, ia mencetak gol pertamanya untuk Santos melawan Mogi Mirimi. Sebulan kemudian, pada 11 April, Neymar mencetak gol penentu dalam kemenangan 2-1 atas Palmeiras di leg pertama semifinal Campeonato Paulista 2009. Di final, bagaimanapun, Santos kalah dari Korintus 4:2.

Pada tahun 2010, Santos menolak tawaran sebesar £12 juta untuk Neymar dari klub Liga Utama Inggris West Ham United dan kemudian dari Chelsea dari Inggris, yang dikatakan bernilai £20 juta. Meskipun Santos menyatakan keengganannya untuk menjual dan Neymar sendiri menyatakan bahwa “Saya hanya fokus pada Santos”.

 

Barcelona

Santos mengumumkan pada Mei 2013 bahwa mereka menerima dua tawaran untuk Neymar. Keesokan harinya, Neymar mengumumkan bahwa ia akan menandatangani kontrak dengan FC Barcelona pada 27 Mei 2013. Baik Neymar maupun klub tidak merilis rincian biaya transfer atau persyaratan pribadi, selain itu ia menandatangani kontrak lima tahun pada 3 Juni 2013, Neymar diresmikan oleh Barcelona setelah ia lulus tes medis dan menandatangani kontrak yang akan membuatnya tetap di klub hingga Juni 2018.

Ia dipresentasikan di depan 56.500 penggemar di stadion Camp nou, rekor kehadiran pemain Brasil. Neymar mungkin terlalu mudah untuk pindah ke sepak bola Eropa dan mungkin dia perlu ukuran penuh untuk mencapai bentuk fisik terbaiknya.

Ia melakukan debutnya untuk Barcelona pada pertandingan pembukaan La Liga musim 2013–14 sebagai pemain pengganti pada menit ke-63 dalam kemenangan 7–0 melawan Levante UD. Pada 21 Agustus, ia mencetak gol pertamanya untuk klub di leg pertama Supercopa de Espaa 2013 melawan Atletico Madrid.

Neymar mencetak gol pembuka pertamanya sebagai pemain 2-1 Barca atas Real Madrid di Camp Nou. Gol kemenangan tim yang dicetak oleh Alexis Sánchez membantunya dalam pertandingan.  Neymar mencetak gol pertamanya di Liga Champions dan hat-trick dalam kemenangan 6-1 Grup H Celtic.

 

Paris Saint-Germain

Neymar secara resmi pindah ke Paris Saint-Germain setelah pembeliannya sebesar €222 juta. Itu membuatnya menjadi pemain termahal di dunia, melampaui rekor Paul Pogba sebesar €105 juta pada tahun 2016.

Similar Posts