Profil Lionel Messi Barcelona, Pemain Terbaik Kelas Dunia

Profil Lionel Messi Barcelona, Pemain Terbaik Kelas Dunia

Profil Lionel Messi Barcelona, Pemain Terbaik Kelas Dunia – Lionel Andrés Messi, juga dikenal sebagai Leo Messi adalah pemain sepak bola Argentina yang bermain sebagai penyerang untuk klub Ligue 1 Paris Saint-Germain dan merupakan kapten tim nasional Argentina.

Sering dianggap sebagai pemain terbaik di dunia dan sering kali menjadi pemain terbaik sepanjang masa.

Messi telah memenangkan tujuh Penghargaan Emas, enam Sepatu Emas Eropa dan dinobatkan sebagai Tim Impian Ballon d’Or pada tahun 2020.

Dia telah menghabiskan seluruh karir profesionalnya di Barcelona, ​​​​di mana ia memenangkan 34 trofi, termasuk sepuluh gelar La Liga, tujuh gelar Copa del Rey, dan empat Liga Champions UEFA.

Ia adalah seorang pencetak gol produktif dan playmaker kreatif, Messi memegang rekor pencetak gol terbanyak sepanjang masa di La Liga 474 ​gol. Gol terbanyak dalam satu musim di La Liga dan Eropa (50 gol). Hat-trick terbanyak di La Liga (36) dan gol terbanyak yang dicetak di Liga Champions UEFA La Liga (8). Serta assist terbanyak di La Liga (192), assist terbanyak di La Liga dan Eropa dalam satu musim (21) dan assist terbanyak di Copa America. (17).

Dia mencetak lebih dari 750 gol untuk klub dan negara dalam karir seniornya, gol terbanyak yang pernah dicetak oleh pemain yang bermain hanya untuk satu klub.

Lahir dan besar di Argentina, Messi pindah ke Spanyol pada usia 13 tahun untuk bergabung dengan Barcelona, ​​​​di mana ia melakukan debut kompetitifnya pada usia 17 pada Oktober 2004. Pada musim 2008–2009, ia membantu Barcelona ke puncak tiga. Pada usia 22, Messi memenangkan Ballon d’Or pertamanya.

Tiga musim berikutnya sukses, dengan Messi memenangkan empat Ballons d’Or berturut-turut, menjadikannya pemain pertama yang memenangkan penghargaan empat kali berturut-turut. Pada musim 2011–12, ia mencetak rekor La Liga dan Eropa untuk gol terbanyak dalam satu musim, menjadikannya pencetak gol terbanyak sepanjang masa Barcelona.

Pada musim 2014-15, Messi menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa La Liga dan membawa Barcelona meraih treble lagi sebelum dianugerahi Ballon d’Or kelimanya pada tahun 2015. Messi menjadi kapten Barcelona pada tahun 2018 dan memenangkan Ballon d’Or pada tahun 2019. Atau keenam kalinya. Baca juga profil luis suarez disini.

 

Perjalanan karir

 

Barcelona

Ketika berusia 16 tahun an, Messi melakukan debut tim pertamanya di menit ke-75 dalam pertandingan persahabatan melawan Porto pada November 2003.

Untuk meningkatkan pengalaman bermainnya. Messi bergabung dengan Barcelona C selain dari pemain muda A, memainkan pertandingan pertamanya untuk tim ketiga pada 29 November. Dia membantu menyelamatkan mereka dari zona degradasi Divisi Tercera.

Pada musim 2004-2005, Messi dijamin menjadi starter di tim B. Dia membuat 17 penampilan selama kampanye dan mencetak enam kali.
Messi mempertahankan performa mencetak golnya di paruh kedua musim, tetapi pada 2012 ia memecahkan beberapa rekor lama.

Pada tanggal 7 Maret ia mencetak lima gol di babak 16 besar Liga Champions melawan Bayer Leverkusen. Pencapaian yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah kompetisi.

Ketika mantan kapten Andres Iniesta pergi pada Mei 2018, Messi ditunjuk sebagai kapten baru tim untuk musim berikutnya. Pada 12 Agustus 2018, ia memenangkan gelar pertamanya sebagai kapten Barcelona, ​​​​Supercopa de España, dalam kemenangan 2-1 atas Sevilla.
Messi menjadi agen bebas setelah kontraknya berakhir pada 1 Juli 2021, dan negosiasi kontrak baru menjadi sulit karena masalah keuangan Barcelona.

Pada tanggal 5 Agustus, Barcelona mengumumkan bahwa Messi tidak akan tinggal di klub. Meskipun kedua belah pihak mencapai kesepakatan dan akan menandatangani kontrak hari itu juga. Klub mengutip pembatasan keuangan dan struktural karena aturan La Liga sebagai alasan kepergian Messi.

 

Paris Saint Germain (Sekarang)

Pada 10 Agustus, Messi bergabung dengan tim Prancis Paris Saint-Germain. Dia menandatangani kontrak dua tahun hingga Juni 2023 dengan opsi perpanjangan satu tahun. Messi memilih tim nomor 30, yang sama seperti saat ia debut di Barcelona saat remaja.

Messi melakukan debutnya untuk klub pada 29 Agustus. Ia masuk sebagai pemain pengganti babak kedua dalam kemenangan 2-0 Ligue 1 atas Reims.

Setelah mencetak 40 gol di level klub dan internasional selama tahun kalender dan membantu Argentina memenangkan Copa America 2021. Messi menerima rekor Ballon d’Or ketujuh pada 29 November.

Similar Posts